Beranda | Artikel
Tafsir Ali Imran Ayat 70 Celaan Terhadap Ahlul Kitab
Senin, 30 Januari 2023

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi

Tafsir Ali Imran Ayat 70 – Celaan Terhadap Ahlul Kitab adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan Ayat-Ayat Ahkam. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc. pada Kamis, 25 Jumadil Akhir 1444 H / 19 Januari 2023 M.

Tafsir Ali Imran Ayat 70 – Celaan Terhadap Ahlul Kitab

يَا أَهْلَ الْكِتَابِ لِمَ تَكْفُرُونَ بِآيَاتِ اللَّهِ وَأَنتُمْ تَشْهَدُونَ ‎﴿٧٠﴾‏يَا أَهْلَ الْكِتَابِ لِمَ تَلْبِسُونَ الْحَقَّ بِالْبَاطِلِ وَتَكْتُمُونَ الْحَقَّ وَأَنتُمْ تَعْلَمُونَ ‎﴿٧١﴾

“Wahai Ahli Kitab (Yahudi dan Nasrani), kenapa kalian mengingkari ayat-ayat Allah, padahal kalian menyaksikan. Wahai Ahli Kitab, kenapa kalian mencampur adukkan kebenaran dengan kebatilan, dan kalian menyembunyikan kebenaran, padahal kalian mengetahui?” (QS. Ali ‘Imran[3]: 70-71)

Dua ayat yang mulia ini mengandung beberapa pelajaran. Yaitu:

Pertama, celaan Allah kepada Ahlul Kitab atas kekufuran mereka terhadap ayat-ayat Allah.

Kedua, Celaan ini betul-betul pada tempatnya. Karena mereka mengingkari ayat-ayat Allah, padahal mereka menyaksikan.

Ketiga, ini merupakan hukum tegas yang tidak ada takwil lagi. Ahlul Kitab yang tidak beriman kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam adalah kekufuran. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman: “Wahai Ahli Kitab, kenapa kalian kafir terhadap ayat-ayat Allah sedangkan kalian melihatnya?”

Sangat jelas sekali di sini. Allah menghukumi mereka dengan kufur. Dan AllAh tidak memberikan celaan melainkan perkaranya nyata. Mengkafiri ayat-ayat Allah merupakan pengkafiran terhadap Allah. Dengan hal ini maka kita mengetahui bahwasanya walaupun mereka mengklaim beriman kepada Allah, hakikatnya mereka itu kafir dengan kekafiran yang jelas. Kita harus yakin dengan ayat yang mulia ini.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/52633-tafsir-ali-imran-ayat-70-celaan-terhadap-ahlul-kitab/